Selasa, 14 April 2020

DI SINILAH KAMI BEREKSPRESI
Menulis Artikel Di Majalah PGRI

 Dr. Jejen Mustah, M.A.
Pemimpin Redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI.


Saya mulai megang spidol, bawa buku agenda warna biru dan berhadapan dengan sekelompok remaja berbaju seragam dengan pikiran beragam dalam satu ruang mulai tahun 1999. Kalau Om Jay enggak bikin ‘kuliah’ malam ini tentang majalah PGRI. Asli, saya gak (mau) tahu tentang majalah ini. Padahal di perpustakaan selalu ada majalah ini yang terupdate. Saya lebih senang ke perpustakaan minjem majalah NatGeo aja. Ternyata saya katak dalam tempurung. Terima kasih Om Jay sudah membuka tempurung cakrawala saya.

Majalah PGRI terbit bulanan sejak tahun 1950-an (https://id.wikipedia.org/wiki/Majalah_Suara_Guru). Saat ini sudah menginjak usia 70 tahun. Usia segitu tanpa kontribusi guru dalam mengisi konten mustahil adanya. Oleh karena itu kami bersyukur Bapak Jejen Mustah (biodata beliau di https://wijayalabs.wordpress.com/2020/04/14/biodata-jejen-musfah/ ) bersedia memberikan ‘kuliah’ mengenai bagaimana kita bisa berkontribusi terhadap konten majalah PGRI.

Untuk berkontribusi ke majalah yang setiap edisinya mencetak 5000 eksemplar dan disebar ke 34 provinsi ini syaratnya menulis biodata singkat kita dan foto. Boleh foto serius, lagi ngajar, lagi workshop, silahkan. Kita bisa menyampaikan opini terkini yang terkait dengan pendidikan asal tidak menyangkut SARA. Karena PGRI adalah organisasi professional yang sah dan resmi. Jadi bebas dari muatan-muatan lain selain pendidikan.  Untuk opini maksimal 1000 kata.

Malajah kita ini sangat membutuhkan kontribusi kita. Tapi bukan asal kontribusi. Majalah PGRI terbit dalam dua versi, cetak dan daring. Naskah yang kita kirim akan muncul di https://suaraguruonline.com dalam beberapa jam saja. Sedangkan untuk versi cetak terbit dua bulan sekali. Naskah yang kita kirim menjadi milik PGRI, artinya kita tidak boleh memasukkan ke majalah lain. Ingat, naskah kita harus orisinil, bukan copy paste punya orang.


Akhirnya, Suaraguru adalah wadah aspirasi kita sebagai insan pendidik dalam menyuarakan dinamika pendidikan. Mari kita jadikan diri kita bermanfaat salah astunya melalui kontribusi kita di majalah tersebut.

JKT 14/04/20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar