Senin, 13 April 2020

“WHAT AWESOME PROF. EKO INDRAJIT”
Menulis Buku Dalam Seminggu dari Seminar  Virtual di Youtube

                                       Diambil dari eko.id


Mengajar adalah DNA beliau. Entah basa nitrogen (adenine, guanine, cytosine, dan thymine) yang mana yang mengandung kejeniusan beliau. Beliau sangat multitalenta dalam duania pendidikan. Ibarat kata PALUGADA (apa lu minta gua ada).

Bahkan beliau bisa mendapatkan uang dengan mudah di saat kita ketar ketir di masa lockdown ini. Bayangkan baru bikin Youtube channel, udah dapet 11 jeti sekali tayang. Kalau diteruskan Ria Ricis sama Atta Halilintar mah lewat.

Beliau mulai menulis buku tahun 1998 (saat krismon) dengan ilmu kanuragan KUDU. Kudu nolongin temen yang gak sanggup beli buku, kudu bisa nyari duit untuk makan. Dasarnya orang jenius langsung masuk penerbit mayor. Hingga sekarang telah ada 75 buku. Bahkan dalam eko.id kita bisa mengunduh artikel beliau (eh, beneran loh, saya kira preview nya aja). Hebat Pak.

Pada ‘kuliah’ malam ini beliau memberikan tips membuat buku dalam seminggu. Kuncinya ada di 5W1H (WHAT, WHO, WHERE, WHEN, WHY dan HOW) pada satu topik. Misal mengenai #dirumahaja, Hari pertama; APA itu #dirumahaja, hari kedua; SIAPA saja yang termasuk #dirumahaja, hari ketiga DIMANA saja yang memberlakukan #dirumahaja, hari keempat; KAPAN pemberlakuan ini dimulai, Bagaimana teknis pelaksanaannya, hari kelima; MENGAPA ada pemberlakuan #dirumahaja, dan hari keenam; BAGAIMANA dampak yang ditimbulkan. Hari ketujuh mengedit hasil tulisan kita.

Intinya kita tidak perlu terbebani dengan tujuh hari tersebut. Latihlah passion kita dalam menulis. Apalagi dalam jaman internet ini, unstructured bisa menjadi structured. Tapi dalam menulis sampaikan energy positif ke pembaca.

Terakhir, jangan lupakan etika dalam membuat buku. Pertama, buku yang kita buat harus orisinil, minimal 80% anti plagiarism. Kedua, atribusi. Kita dapat mengambil tulisan teman atau orang lain dengan menyantumkan tempat kita mengambilnya. Istilahnya nyuwun sewu terlebih dahulu. Sehingga kalau kita sudah jadi penulis mayor, kita juga akan disebutkan dalam buku orang lain.

Terima kasih Pak Prof. Eko, Om Jay dan Om Bams.

4 komentar:

  1. Wih hasil resumenya cepat sekali pak👍

    BalasHapus
  2. https://omjaylabs.wordpress.com/2020/04/13/kuliah-lewat-wa-bersama-prof-eko-indrajit/

    BalasHapus
  3. Termotivasi pingin bisa nulis.
    Matursuwun semuanya

    BalasHapus